6 Jenis Bahan Bonsai Terbaik dan Paling Banyak Dicari di Indonesia

Jenis bonsai terbaik diseluruh indonesia tak luput dari pengolahan dan pembuatan yang membutuhkan waktu yang sangat panjang dan membutuhkan ketelatenan serta keuletan yang  konsisten. penghobi dan penikmat keindahan seni bonsai di indonesia banyak melakukan perburuan dan pembelian dalam jumlah yang fantastis. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa jenis bonsai yang memiliki jenis dan kualitas yang baik dan mudah dicari di Indonesia.
Jenis Tanaman yang dapat dibuat Bonsai dari berbagai jenis tumbuhan, namun yang paling penting sebaiknya memiliki syarat berikut:
Tanaman Berkeping Dua/ Dikotil, umumnya memiliki kayu yang keras dan berkambium.
Memiliki Umur Panjang, dapat hidup dan tumbuh puluhan sampai ratusan tahun
Tahan Hidup Menderita,dapat bertahan hidup dengan nutrisi sedikit, pot yang juga terbatas.
Bentuknya Indah Secara Alami, mulai dari batang, daun , akar, serta bunganya.
Tahan Mendapat Perlakuan Khusus, karena bonsai menggunakan pahatan, lilit  kawat, dan pemangkasan.

1. Bonsai Cemara Udang

Cemara udang (Casuarina equisetifolla) adalah salah satu jenis bonsai terbaik yang kerap kali dipamerkan dan menjadi juara dalam pameran bonsai. Bakalan cemara udah juga bisa disebut sebagai bakalan bonsai terbaik dan sangat banyak diburu orang, karena bonggolnya yang besar dan bisa berlekuk-lekuk. Kayu yang keras dan memiliki alur indah membuat cemara udang sering diukir saat menjadi bonsai. Cemara udang juga tahan kekeringan dan serangan penyakit.

2. Bonsai Pinus

Tumbuh sangat baik di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 250-2000 mdpl. Di alam terbuka banyak sekali ditemukan tumbuh secara meluas, sehingga seringkali membentuk hutan pinus. Batang pinus cukup keras, ramping, juga memiliki getah. Walaupun tinggi pohon pinus dapat mencapai 20-40 meter, namun sangat bisa dibuat bonsainya. Daunnya yang berbentuk jarum berwarna hijau cerah dan diselimuti sisik tipis akan semakin indah ketika ditanam dalam bentuk bonsai.

3. Boxus/ Buxus

Jenis tanaman lain yang dapat dibuat bonsai adalah tanaman boxus (Boxus sp.) yang memiliki batang kecil berwarna hijau yang lambattumbuhnya serta panjang umurnya. Batang boxus sangat keras dan padat serta memiliki akar yang kokoh, menjadikannya sebagai salah satu kandidat bonsai terbaik. Boxus dapat diperbanyak dengan cara menanam bijinya atau menyetek batangnya.
Boxus memiliki daun yang juga indah, daun yang satu dengan yang lain saling berlawanan mengitari tangkai, dengan ukuran yang juga relatif kecil. Boxus dapat berbunga yang warnanya kuning kehijauan. Jika fokus Anda membisniskan bonsai ke luar negeri, Boxus dapat menjadi pilihan Anda
karena banyak dicari sebagai barang ekspor akibat batang, akar, dan daun Boxus yang indah.

4. Bonsai Beringin

Satu lagi pohon yang mungkin tidak Anda duga bisa dibuat bonsainya, yaitu pohon beringin (Ficus benjamina). Beringin sebagai bonsai memiliki beberapa keunggulan, seperti daunnya yang sangat rimbun, akar yang mudah dibentuk menjadi berbagai gaya, serta daya tahan tumbuhan beringin yang dapat menyesuaikan diri dengan media tanam yang terbatas. Beringin disebut pula sebagai bonsai khas Indonesia. Salah satu contoh jenis beringin yang sangat indah dijadikan bonsai adalah beringin Filipina.

5. Bonsai Kemuning

Tumbuhan kemuning (Murraya panniculata) adalah tumbuhan yang sangat khas dengan bunganya yang kecil-kecil namun memiliki aroma yang sangat khas dan dapat menyegarkan pikiran seketika saat dihirup. Biasanya kemuning ditanam sebagai pagar tanaman atau tanaman hias dalam pot.
Kemuning juga dapat berbuah dengan ukuran buah bulat kecil berwarna hijau ketika muda dan merah ketika tua. Saat dibonsai, kemuning biasanya akan menonjolkan bagian bunga dan buahnya yang cantik menawan.

6. Bonsai Asam/ Asem

Tidak hanya bisa ditanam sebagai pohon besar, namun ternyata asam juga bisa dibentuk menjadi bonsai, seperti jenis tanaman asam Jawa (Tamarindus indica) dan asam Belanda (Pithecellobium dulce). Tanaman asam memiliki batang cokelat kehitaman, dengan bentuk daun yang berselang-seling serta menyirip dalam jumlah genap. Batangnya sangat keras dan kokoh sehingga baik sekali untuk dijadikan bonsai.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()